Cara Pijat Sesak Nafas karena Batuk dan Asma

Memahami pijat sesak nafas itu penting. Apalagi jika Anda sering mengalami sesak nafas karena batuk dan asma. Maka pijat bisa menjadi solusinya tanpa obat. Pernahkah Anda mendengar tentang pijat sesak nafas? Karena ternyata sesak nafas juga bisa diatasi dengan teknik pijat yang benar. Sesak nafas itu sendiri sering terjadi disaat paru-paru tidak memiliki pasokan udara yang cukup. Sehingga, seseorang menjadi sesak nafas dan sulit bernafas. Akibatnya, penderita menjadi sesak nafas dan terkadang timbul bunyi.

Saat hal itu terjadi, biasanya dada menjadi nyeri. Seperti ada yang melilitnya dengan erat. Tak jarang pula banyak orang mengira bahwa sesak nafas yang dialami ini adalah asma. Padahal, sebenarnya sesak nafas itu belum tentu asma. Bisa jadi, sesak nafas itu karena batuk. Jadi, masalah ini tergantung dari gejalanya.

Karena ketika seseorang sedang batuk berdahak, biasanya dirinya akan mengalami sesak nafas. Karena batuk berdahak termasuk gangguan tenggorokan. Sehingga, hal ini menimbulkan masalah pada sistem pernafasan, termasuk sesak nafas. Maka dari itulah, untuk mengatasinya, sebaiknya pahami titik pijat sesak nafas karena batuk dan asma. Supaya permasalahan ini segera teratasi.

baca juga artikel mengenai sesak napas di sini !

Pijat Sesak Nafas

Cara Mengatasi Sesak Nafas

Selain menggunakan teknik pijat, ternyata ada juga cara untuk mengatasi sesak nafas karena batuk dan asma. Yaitu, menggunakan minyak kayu putih. Caranya oleskan minyak tersebut di area dada. Supaya tubuh menjadi hangat. Dengan begitu, sistem pernafasan menjadi lega. Cara tersebut cukup efektif mengobati masalah ini, seperti pijat untuk sesak nafas.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan uap panas yang ditambahkan dengan minyak kayu putih. Kemudian, hirup uapnya untuk membuat sistem pernafasan kembali lancar. Dengan begitu, masalah sesak nafas teratasi. Di samping itu, Anda juga bisa mengobatinya denganĀ  mengatur posisi tidur yang benar. Tidur terlentang adalah posisi terbaik untuk mengatasi sesak nafas.

Ketika anda tidur terlentang, jantung bisa memompa darah dengan baik. Sehingga, saluran pernafasan selalu normal, seperti ketika melakukan pijat sesak nafas karena batuk dan asma yang ampuh mengobati masalah ini. Yang pasti, ketika Anda mengalami sesak nafas, sebaiknya jangan minum cafein. Karena cafein bisa menyumbat pernafasan apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Cara Pijat untuk Sesak Nafas

Pada dasarnya untuk melakukan pemijatan pada penderita sesak nafas karena batuk dan asma itu tidak jauh berbeda. Karena keduanya sama-sama penyakit yang dialami pada bagian pernafasan. Sehingga, tak heran bila teknik yang digunakan untuk menyembuhkan sama. Berikut ini adalah cara pijat sesak nafas karena asma dan batuk, antara lain:

  1. Pijat di bagian telapak tangan karena telapak tangan merupakan refleksi dari paru-paru. Sehingga, dengan melakukan pemijatan di bagian ini, masalah sesak nafas, batuk, asma, nyeri tulang rusuk, dada penuh, dan sakit punggung akan segera teratasi karena proses pemijatannya tepat di bagian refleksi paru-paru tempat gangguan pernafasan tersebut terjadi.
  2. Selanjutnya, cara pijatnya adalah dari sela tulang rusuk yang pertama dan kedua. Jadi, dari puting susu hingga luar 3 jari. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemijatan pada 6 jari ujung sela rusuk yang pertama dan kedua. Pemijatan ini dilakukan untuk penderita yang mengalami sesak nafas karena bengek, asma, batuk, dll.

Bila hal tersebut sudah dilakukan, selanjutnya lipat siku ke dalam untuk mengobati batuk dan sesak nafas. Setelah itu, pijat pada 6 jari ke bawah rusuk. Pijat menggunakan ibu jari. Untuk hasil maksimal, sebaiknya lakukan pemijatan secara teratur. Anda bisa melakukan pijat sesak nafas secara spontan atau menjadi rutinitas sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *