Mengenal Titik Pijat Syaraf Pilek dan Batuk serta Cara Memijatnya

Saat ini sudah ada pijat pilek batuk yang bisa mengobati masalah kesehatan ini tanpa obat. Sehingga, cara ini dianggap lebih aman karena tidak ada bahan kimia. Sekarang ini pijat pilek sedang trend bagi semua orang. Apalagi batuk pilek merupakan gangguan tubuh yang sudah tidak asing pada setiap orang. Masalah kesehatan ini terjadi di bagian tenggorokan penderita karena virus dan kotoran dari makanan yang disantap ataupun dari udara. Jadi, batuk sebenarnya merupakan reaksi alami tubuh saat ada masalah.

Ketika ada benda asing di bagian tenggorokan, maka tubuh akan bereaksi mengeluarkan racun dan juga kotoran tersebut dengan cara batuk. Namun, bila masalah ini terjadi dalam jangka panjang dan tidak segera sembuh, artinya bukan lagi merupakan reaksi baik. Namun, masalah ini menjadi penyakit yang harus segera diobati supaya tidak mengganggu kegiatan Anda.

Nah, dari sinilah maka tidak ada salahnya mencoba pijat. Karena ternyata batuk dan pilek bisa disembuhkan menggunakan sebuah pijatan di bagian titik refleksinya. Namun, khusus untuk terapi pijat batuk yang sudah kronis dan medium itu tidak sama. Asalkan Anda rajin pijat terapi batuk pilek dan hidup sehat, niscaya masalah ini teratasi.

untuk informasi lebih detail mengenai pilek silahkan klik di sini !

pijat pilek

Titik Pijat untuk Pilek dan Batuk

Ada beberapa titik pijat syaraf pilek yang bisa Anda pijat untuk mengobati penyakit ini. Beberapa diantaranya adalah titik refleksi paru-paru, titik refleksi dada dan titik refleksi tenggorokan. Beberapa titik-titik refleksi paru-paru antara lain adalah di samping ibu jari kaki dan telapak kaki kanan.

Selain itu, ada juga titik refleksi di antara ibu jari dan punggung kaki, serta titik refleksi di telapak kaki yang segaris dengan jari manis kaki. Bagian ini merupakan titik refleksi pada paru-paru. Sedangkan titik refleksi dada ada pada bagian bawah jari tengah kaki sebelah kiri dan kanan.

Sementara untuk mencari titik refleksi tenggorokan, maka letaknya ada di bagian sela-sela ibu jari kaki. Itulah beberapa titik refleksi yang dapat dipijat apabila Anda mengalami batuk dan pilek. Cara pijat pilek dan batuk pada titik-titik refleksi ini pun cukup sederhana dan dapat dilakukan sendiri di rumah.

Cara Pijat Untuk Mengatasi Pilek dan Batuk

Pada dasarnya pijat pilek batuk harus sesuai dengan ketentuannya karena cara memijatnya berbeda dari keluhan lain. Ada yang dilakukan dengan cara mengetuk ringan. Yaitu, dengan mengetuk dada anak menggunakan 2 jari sebanyak 5 sampai 10 kali. Berikut ini adalah cara untuk memijat anak yang sedang batuk pilek, antara lain:

  1. Pijat dada anak searah dengan jarum jam secara perlahan. Yaitu, menggunakan gerakan memutar setidaknya sebanyak 5 sampai dengan 10 kali. Anda bisa memijatnya sambil tiduran atau duduk dan berdiri juga boleh. Jadi, pijat senyaman mereka saja. Bisa sambil menonton TV, dll. Yang penting, posisi Anda harus berada di belakangnya.
  2. Selain menggunakan cara itu, Anda juga bisa memijatnya dengan metode open book. Seperti namanya, gerakan yang digunakan seperti sedang membuka buku. Yaitu, usap dada penderita mengarah ke luar sampai pundak. Supaya kalenjar getah bening penyebab batuk pilek menjadi lancar dan encer. Dengan begitu, masalah batuk pilek teratasi.

Selain menggunakan metode pemijatan di atas, Anda juga bisa menepuk punggung penderita perlahan. Tepuk dari bawah ke atas. Jadi, jangan menyilang dan menurun. Selanjutnya, jangan lupa untuk meminta penderita batuk pilek untuk hidup sehat. Yaitu, kurangi makanan berminyak dan minum es. Supaya efek pijat pilek ini bisa lebih sempurna hasilnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *