Mengenal Pentingnya Pijat Bayi dan Panduan Memijatnya dengan Benar

Pijat bayi itu penting untuk buah hati. Karena pijatan ini akan membuat bayi menjadi lebih sehat dan pulas tidurnya. Dengan begitu, mereka tidak mudah rewel. Pijat bayi itu sangat bermanfaat untuk kesehatan si kecil. Karena pijatan akan berguna merangsang dan memperbaiki sistem imun bayi supaya lebih baik. Selain itu, pijatan ternyata juga bisa membuat gerakan mereka terstimulasi. Sehingga, pertumbuhannya semakin meningkat dan hormon penyebab stres akan dilepaskan dengan sempurna. Itu artinya, pijatan membuat anak jadi lebih sehat.

Namun, bolehkah bayi dipijat setiap hari? Berdasarkan salah satu dokter anak dari IDAI mengatakan bahwa dalam pertumbuhannya, periode emas tidak mungkin terjadi 2 kali. Maka orang tua harus memberikan stimulasi yang terbaik untuk si kecil. Yaitu dengan memberikannya pijatan di waktu yang tepat. Salah satunya adalah ketika si kecil dalam kondisi sehat.

Selain itu, pijat anak bayi baru lahir itu seharusnya dilakukan 2 kali dalam sehari. Yaitu, di pagi dan sore hari. Khususnya ketika si kecil berada di usia 6 bulan pertama. Idealnya, pemijatan dilakukan 15 hingga 25 menit. Tidak hanya itu saja, bayi yang akan dipijat tidak boleh makan dan minum dulu.

baca juga artikel mengenai pijat bayi di sini !

Pijat Bayi

Cara Pijat Anak Bayi Baru Lahir

Cara memijat bayi yang baru lahir berbeda sekali dengan bayi yang usianya lebih tua. Karena bayi yang baru saja lahir butuh perhatian khusus. Terutama jika ingin melakukan pijat untuk anak baru lahir. Anda harus memperhatikan teknik dan kelembutan dalam pemijatannya dengan baik supaya mereka merasa nyaman.

Sebelum memulai, pastikan si kecil dalam kondisi yang nyaman. Yaitu, setelah mandi dan ganti popok. Barulah Anda bisa melakukan pemijatan di tangannya. Caranya, lemaskan tangannya dengan memegang jarinya secara lembut. Anda bisa menariknya secara lembut seperti ketika mengusap dengan gerakan berulang dan sesuai ritme. Selanjutnya, pijat di bagian kakinya.

Berikan relaksasi di kakinya. Cara memijat di bagian kaki dengan mengusap betis, paha, telapak kaki, dan jarinya. Gunakan gerakan mengusap ke bawah supaya mereka merasa relaks. Selanjutnya, bila tali pusarnya sudah kering, silakan lanjutkan di bagian perutnya agar proses pencernaannya menjadi lebih sehat dan tidak bermasalah.

Manfaat Pijat Anak Bayi yang Baru Lahir

Sekarang ini pijat tidak hanya sekedar untuk orang dewasa saja. Bahkan, untuk bayi yang baru saja lahir juga butuh pijat. Karena ada banyak manfaat yang akan didapatkan bila bayi yang baru lahir dipijat dengan benar. Maka dari itulah, jika Anda baru melahirkan, tidak ada salahnya mengajak buah hati untuk pijat. Berikut ini manfaat pijat bayi baru lahir:

  1. Pertama adalah bisa membuat tidurnya lebih nyenyak. Sehingga, ini cocok sekali untuk si kecil yang umumnya kesulitan tidur di malam hari. Maka jika bayi Anda juga sering susah tidur di malam hari, pijatan ini akan membantunya karena pijatan akan membuatnya menjadi lebih tenang.
  2. Pijat juga akan membuat stres bayi yang baru saja lahir berkurang. Karena percaya atau tidak, ternyata bayi itu juga bisa stres. Apalagi mereka biasanya sulit mengatakan kebutuhan dan kemauannya. Hal ini membuatnya stres bila keinginannya tidak terpenuhi. Beruntungnya, ternyata pijatan dapat membuat hormon kortisol penyebab stres menurun.

Selain beberapa hal tersebut, pijat juga akan membuat sistem imunnya meningkat. Karena pijatan bisa menstimulasi jumlah sel darah putih bayi supaya lebih seimbang. Sehingga, daya tahan tubuhnya bisa meningkat. Namun meskipun begitu, Anda tidak boleh sembarangan saat ingin mengajaknya pijat. Karena pijat bayi harus dilakukan oleh profesional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *