Manfaat Inilah yang Anda Dapat Jika Pijat Batu Panas

Meskipun terlihat mengerikan, pijat batu panas ini menyimpan banyak manfaat. Khususnya jika Anda adalah penderita insomnia, maka pijat ini bisa jadi solusinya! Saat ini pijat batu panas telah menjadi kebutuhan setiap orang. Karena memang pijat yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tak heran bila sekarang ini hampir setiap kota besar pasti menawarkan jenis pijat yang satu ini. Karena tidak hanya sekedar memberikan sensasi panas saja. Namun lebih dari itu.

Pijat ini juga bisa membuat jiwa lebih tenang dan badanpun lebih bugar. Pijat menggunakan batu panas adalah terapi memakai batu basal yang telah dipanaskan dengan air untuk media pemijatan. Batu ini dipanaskan menggunakan alat khusus pada suhu yang ditentukan. Yaitu, antara 110 hingga 130 derajat Fahrenheit.

Selama sesi pemijatan, batu itu ditempatkan di beberapa bagian tubuh. Yaitu, di telapak tangan, wajah, kaki, dan sepanjang punggung. Selanjutnya, akan dilakukan teknik pemijatan dengan gerakan memanjang. Seperti gerakan melingkar, kerokan, getaran menggunakan alat khusus, ketukan di tubuh, dan layaknya menguleni sebuah adonan. Pemijatan ini juga menggunakan batu dingin.

baca juga artikel mengenai pijat batu panas !

Pijat Batu Panas

Orang yang Boleh Melakukan Terapi dengan Batu Panas

Meskipun manfaat hot stone therapy ada banyak. Namun tetap saja Anda tidak boleh sembarangan dalam melakukannya. Teknik pemijatan ini harus dilaukan terapis terlatih dan profesional. Selain itu, ada juga beberapa kondisi medis yang harus diperhatikan ketika ingin mencoba pemijatan ini. Karena ada beberapa kondisi yang butuh perhatian khusus.

Maka dari itulah, lakukan konsultasi ke dokter dulu sebelum mencoba pijat ini jika Anda memiliki keluhan medis sebelumnya. Beberapa kondisi yang harus diperhatikan saat ingin melakukan pemijatan batu panas adalah jika Anda mengalami kelainan darah. Maka konsultasikan hal ini ke dokter dulu. Begitu juga bila Anda mengonsumsi obat pengencer darah.

Anda tidak boleh langsung mencoba terapi ini karena harus dikonsultasikan dulu sebelum akhirnya Anda melakukannya. Apalagi jika Anda memiliki luka bakar, riwayat penggumpalan darah, pernah operasi 6 minggu terakhir, mengalami patah tulang, osteoporosis, dan diabetes. Maka Anda harus konsultasi sebelum melakukan hot stone massage ini. Supaya tidak terjadi hal buruk.

Manfaat Terapi dengan Batu Panas

Sama halnya dengan pijat pada umumnya, terapi dengan batu panas ini juga membawa keuntungan tersendiri bagi yang dipijat. Terapi ini baik untuk kesehatan psikis dan fisik. Salah satu manfaat dari terapi ini adalah bisa mengurangi masalah otot pegal linu. Karena panas bisa mengurangi berbagai macam keluhan otot kaku.

Panas dari pijat ini bisa meningkatkan sirkulasi darah di area yang tegang. Maka dari itulah, salah satu manfaat pijat batu panas lainnya adalah bisa mengurangi kecemasan dan stres. Sebuah penelitian di tahun 2001 mengatakan pijat 10 menit bisa meningkatkan kinerja jantung. Sedangkan jika dilakukan selama 15 menit, stres akan turun.

Itu artinya terapi pijat dengan batu panas termasuk metode yang ampuh menghilangkan stres. Sehingga, tidur menjadi lebih nyenyak. Karena pijat sendiri bisa membuat tidur seseorang lebih berkualitas. Dalam sebuah studi literatur mengatakan bahwa pijat adalah cara paling efektif untuk mengatasi masalah insomnia. Karena pijat termasuk relaksasi yang menyegarkan dan menenangkan.

Tidak hanya itu saja, pijat ini ternyata bisa meredakan masalah penyakit autoimun. Karena memang pijat ini bisa meredakan nyeri karena fibromyalgia. Bahkan, dalam sebuah penelitian mengatakan bahwa pijat 30 menit bisa membuat tidur seseorang lebih pulas. Karena pijat batu panas bisa juga meredakan masalah rematik dan penyakit lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *